Monday, November 9, 2015

Silverpop


Pernah dengar tentang SILVERPOP? Apakah ini gabungan coklat (SilverQ***) dengan lolipop atau salah satu merk cemilan baru? Upss.. Sayangnya Silverpop bukanlah jenis makanan melainkan salah satu tools untuk email marketing. :)


Silverpop adalah salah satu produk software dari IBM yang berbasis SaaS (Software as a Service), artinya aplikasi Silverpop ini dapat langsung kita akses via web sehingga kita tidak perlu menyiapkan hardware untuk installasi aplikasi ini.


Di zaman yang serba digital ini, pemasaran suatu produk/jasa sudah dilakukan melalui media elektronik, salah satunya adalah email. Mengapa melalui email dan bukan SMS? Sebenarnya keduanya dapat digunakan sebagai media pemasaran. Namun bila dibandingkan dengan SMS, maka dapat dikatakan biaya pemasaran melalui email dapat lebih murah dari SMS. Tentu ini juga bergantung dari beberapa faktor, misalnya jumlah subscriber/ pelanggan yang cukup besar, maka menggunakan email dianggap lebih menguntungkan dari SMS. 


Bagaimana dengan promosi melalui media sosial, bukankah biaya yang harus dikeluarkan juga akan jauh lebih sedikit dari promosi melalui email dan SMS? Ya,, promosi di media sosial merupakan salah satu metode promosi yang dapat menghemat biaya. Tapi apakah semua pelangganmu aktif mengikuti semua aktifitas dari akun media sosial yang anda gunakan? Jawabannya adalah tidak! Oleh sebab itu tidak sedikit marketer menggunakan email sebagai media pemasaran mereka. Email dianggap lebih personal dan email yang anda kirimkan juga dapat sebagai remainder bagi para pelanggan. Dengan menggunakan email marketing tools yang tepat, anda dapat memperoleh laporan dari setiap campaign/ promosi yang anda kirimkan. 

Silverpop dapat memberikan laporan jumlah email yang terkirim, email yang dianggap sebagai spam, berapa jumlah pelanggan yang membuka email, meneruskan email, membuka link yang ada di email, menghapus email, dan lain sebagainya. Anda juga dapat membuat format laporan yang anda inginkan. Berikut ini adalah feature dari silverpop yang lainnya:
  • web forms and landing pages
  • Snooze
  • Custom web tracking
  • Personalized URLs and Hyperlinks
  • Share to social , publish to social, social sign-in, forward to friend
  • Automated A/B testing
  • Transact mailing
  • Dynamic content
  • Sent time optimization
Silverpop juga dilengkapi dengan email creator, sehingga anda dapat membuat template email dengan bebas dan sebanyak mungkin. Selain itu anda dapat membuat segmentasi pelanggan berdasarkan profil atau informasi yang anda miliki dan juga kebiasaaan pelanggan sehingga diharapkan email yang anda kirimkan tepat sasaran.

Nah, apakah anda berminat untuk menggunakan email marketing dalam mendukung usaha anda? Atau email marketing tools yang anda gunakan sekarang dirasa kurang efektif dan laporan yang dihasilkan belum memenihu kebutuhan anda? Maka... Silverpop dapat menjadi satu alternatif yang patut anda coba. :)

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap atau mencoba demo produk ini, langsung saja kunjungi website IBM - Silverpop Demo .


No comments:

Post a Comment